Senin, 03 Okt 2022
  • Selamat datang di website resmi Yayasan Pendidikan Islam Bani Ma'sum | Menerima Peserta Didik dan Santri Baru TP.2021/2022

Sejarah

Sejarah berdirinya Yayasan Bani Ma’sum Bermula dari kiprahnya KH. Ma’sum dalam dakwahnya menyiarkan agama islam di kampung patrol cimanggu desa cisalak subang pada tahun 1919 yaitu Zaman kolonialisme Belanda. Beliau adalah sosok tokoh agama islam dilingkungan masyarakat yang selalu mengajak dan berperan aktif di kegiatan masyarakat dalam syiar islam.

Ketika pemerintah kolonial Belanda berkuasa di Indonesia, tampaknya tidak mampu mengendalikan pertumbuhan pesantren dan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang dibangun dan dibentuk oleh masyarakat Islam. Sekitar pada tahun 1920 koloni belanda membumi hanguskan sarana pendidikan formal dan pondok pesantren yang ada di lingkungan Kecamatan Cisalak termasuk di desa Cimanggu termasuk majlis taklim yang di pimpin oleh KH. Ma’sum pada saat itu di bakar habis beserta kitab-kitab di dalamnya.

Meskipun pemerintah kolonial Belanda melakukan berbagai kebijakan politik diskriminitif dan refresif terhadap lembaga pendidikan Islam; tidak membuat lembaga pendidikan Islam seperti pesantren terhenti perkembangannya.

Seiring berjalannya waktu KH. Ma’sum terus berjuang dalam syiarnya dan memberikan amanat kepada putra-putranya bahwa perjuangan syiar islam harus di teruskan di tanah Kp. Patrol, Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kab. Subang berupa mawakafkan tanahnya untuk membangun sebuah Yayasan yang di Pimpin oleh Drs. H. Muchsin, M.M sebagai Pembina dan Deni Budiman, M.M.Pd sebagai Ketua Yayasa Bani Ma’sum.

Pada tahun 1998 Yayasan mulai membangun Majelis Ta’lim yang dulunya sempat di bumi hanguskan oleh belanda, pembangungan majelis tersebut berhasil didirikan dengan cepat di bantu oleh masyarakat sekitar yang mendukung pembangunan tersebut. Majelis tersebut di pimpin oleh Ust. Ridwan. Di dalam majelis ta’lim tersebut kegiatan agama dalam pengajian – pengajian rutin terus berjalan dengan antusias dari masyarakat yang tinggi.

Pembina Yayasan Bani Ma’sum yaitu Drs. H. Muchsin, M.M yang bertugas di Kanwil Kementerian Agama di bandung beserta Deni Budiman, M.M.Pd dan Bapak Sodikin beliau merencanakan pengembangan Yayasan yang di dukung oleh relasi beliau yang mendukung program yang akan di laksanakan di Yayasan kami. Program yang akan di di ajukan berdasarkan melihat kondisi Pendidikan dan Pondok Pesantren pada tahun 1998 di lingkungan kecamatan cisalak, kabupaten subang yang sedikit dan memiliki jarak  yang jauh untuk bisake sekolah formal dan pondok pesantren di wilayah tersebut. Maka dari itu Drs. H. Muchsin, M.M beserta jajarannya merencanakan program Boarding School pada yayasan bani ma’sum. Seiring berjalannya waktu pembangunan tersebut telah berhasil membangun Pondok Pesantren, Majelis Ta’lim, Madrasah Diniyah, RA Al-Hadi, MTs, SMA-IT dan SMK sampai sekrang masih berjalan untuk kegiatannya.

KELUAR