Minggu, 25 Sep 2022
  • Selamat datang di website resmi Yayasan Pendidikan Islam Bani Ma'sum | Menerima Peserta Didik dan Santri Baru TP.2021/2022

Transformasi cerita pendek dan Co-cretative Writing

Transformasi cerita pendek dan Co-cretative Writing

Pengajaran keterampilan bahasa Inggris di sekolah meliputi empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Keempat aspek tersebut adalah keterampilan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Dari keempat aspek keterampilan berbahasa itu, satu aspek yang sangat penting dan berperan dalam pengembangan budaya, hasil cipta, rasa, dan karsa manusia adalah aspek menulis.

Pembelajaran menulis teks Narrative sebenarnya terbentuk dari sebuah proses yang kompleks dengan menyertakan kompetensi pengarang yang tidak sederhana. Ada daya komprehensi terhadap realitas yang harus dimiliki seorang pengarang, sekaligus juga daya kreasi yang berkaitan dengan kompetensi menulis kreatif. Dengan demikian, proses pembelajaran menulis sastra seharusnya mendapat perhatian lebih. Terlebih pembelajaran menulis cerita pendek sering dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik (Khatib & Seyyedrezaei, 2017: 177; Rahman & Arju, 2013; Pardede, 2011). Aktivitas menulis sastra juga mengarahkan para peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis, mengembangkan daya imajinasi, menetapkan tujuan hidup yang tepat, dan kemampuan komunikasi mereka (Masie, dkk., 2018: 391). Sayangnya, secara umum, pembelajaran menulis – termasuk menulis sastra – kurang ditangani secara serius (Syamsi, 2012: 2). Akibatnya, proses pembelajaran menulis sastra masih dianggap sebagai aktivitas yang sulit bagi para siswa.

Realitas tersebut sesuai dengan sejumlah penelitian bahwa para peserta didik masih kesulitan dalam menulis karya sastra. Sebagai salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan menerapkan suatu metode pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didik dan dapat memfasilitasi mereka belajar lebih aktif dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya, terutama kemampuan menulis sastra.  Oleh Karena itu metode yang diterapkan yaitu dengan teknk Transformasi cerita pendek dan Co-cretative Writing.

donwload PTK : https://banimasum.com/download/ptk-peningkatan-kompetensi-menulis-teks-narrative-melalui-teknik-transformasi-teks-cerita-pendek-dan-co-creative-writing/

Penulis : Ida Fitriyah, S.Pd

 

 

 

adminpusat

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR